Sabtu, 25 April 2009

R.A KARTINI













Assalamualaikum……
Emansipasi Wanita, sering dengar kan???????
Polopor Emansipasi Wanita itu, R.A Kartini yang lahir pada tanggal 21 April 1879.
R.A Kartini pernah bilang dalam sebuah suratnya kepada Abendanon, Direktur Pengajaran Belanda, yang menjadi teman dekatnya, Beliau berkata,” Hidup ini patut kita hayati! Bagaimana kita mau menang kalau kita tidak berjuang lebih dulu? Dan dengan bergulat kita memperoleh kekuatan. Dan dengan tersesat-sesat kita menemukan jejak”.
Itu menunjukkan bahwa hidup itu harus kita jalani, Perjuangan R.A Kartini patut kita contoh. Mengapa????
Bayangin aja dizaman yang sudah modern ini wanita hanya bisa didapur aja? Nggak ada perbedaan antara wanita denga pria, “Hari gini mikirin Gender?”. Cut Nyak Dien aja ikut berusaha melawan penjajah????
Sering Henny dengar, bahkan bukan cuma Henny, mungkin teman-teman juga. “Halah cewek itu nggak usah sekolah tinggi-tinggi, ujung-ujungnya didapur juga”. Miris banget dengarnya, tapi Henny yakin orang tua sekarang nggak berfikiran jadul gitu.
Alhamdulillah sekarang banyak wanita yang sukses.

R.A Kartini juga pernah berkata,”Saya tahu, jalan yang hendak saya tempuh itu sukar, penuh duri, onak, lubang: jalan itu berbatu-batu, berjendal-jendal, licin … belum dirintis! Dan walaupun saya tidak beruntung sampai keujung jalan itu, walaupun saya sudah akan patah ditengah jalan, saya akan mati bahagia. Sebab jalan itu sudah terbuka dan saya turut membantu meneratas jalan yang menuju ke kebebasan dan kemerdekaan perempuan Bumiputra”. (“Surat Kartini”, Dokumen 7:7-10-1900).
Begh….. betapa kerennya…. Aku jadi pengen seperti R.A Kartini, tapi… enk ink enk onk….
“Long life education and life long education”. Hidup adalah pelajaran panjang dan belajar sepanjang hayat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar